Rabu, 05 Juni 2013

Manfaat Mempelajari IKD dalam Perkembangan Kepribadian Mahasiswa Unsri dalam Diri

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Ilmu Kealamiahan Dasar (IKD) merupakan salah satu mata kuliah umum atau mata kuliah pengembangan kepribadian yang ada di Universitas Sriwijaya. Mata kuliah yang saya ambil pada semester genap (dua). Untuk diri saya secara pribadi, Ilmu Kealamiahan Dasar (IKD) banyak memberikan manfaat terhadap diri saya. Antara lain :

1. Menambah wawasan atau pengetahuan
Dengan mempelajari Ilmu Kealamiahan Dasar (IKD) yang sebelumnya saya banyak belum begitu mengenal atau paham mengenai sel-sel, planet-planet yang ada di jagat raya ini, makhluk laut, IPTEK dan ekosistem serta lain sebagainya. Dengan ditunjukan nya oleh dosen pengasuh bapak Sanjaya melalui media yang ada, kami sebagai mahasiswa, terkhususnya saya sudah sedikit bahkan banyak mengetahui hal-hal tersebut.

2. Menambah wawasan keagamaan atau kuasa Allah SWT
Kita semakin yakin bahwa tuhan, Allah SWT menciptakan jagat raya ini sesuai dengan kebutuhan umatnya dan tidak ada sedikit pun yang sia-sia. Kuasa Allah SWT tidak ada tandingannya, dan oleh karena itu kita harus selalu bersyukur kepada-Nya.

3. Mengubah pola pikir
Dapat mengubah pola pikir secara pribadi, yaitu diantaranya dengan mengetahui adanya makhluk hidup dilaut. Kita lebih sadar akan usaha untuk melestarikan laut, contohnya dengan tidak membuang sampah kelaut. Tidak merusak lapisan ozon, dengan cara mengurangi kegiatan untuk membakar.

4. Menambah angan-angan untuk masa depan atau berimajinasi
Ilmu Kealamiahan Dasar (IKD) memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk berimajinasi tentang manusia 100 tahun yang akan datang atau evolusi manusia. Hal tersebut tentunya menambah wawasan, yaitu memberikan pengembangan imajinasi terrhadap otak mahasiswa.

5. Menjadikan mahasiswanya berani dalam menyampaikan pendapat
Melalui diskusi kelompok yang diadakan, telah menambah mental mahasiswanya untuk lebih kritis dalam menyampaikan aspirasinya melalui penyaluran pendapat.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar