Minggu, 02 Juni 2013

Evolusi manusia masa depan akibat perkembangan IPTEK

Assalamu’alaikum

Evolusi Manusia yang Diakibatkan Perkembangan Teknologi

Kehidupan manusia merupakan sutu proses. Kehidupan manusia masa kini berkat proses yang berlangsung selama ini baik sadar ataupun tak terduga dalam mengendalikan faktor-faktor pengendali kualitas kehidupan. Begitu pula kehidupan manusia dibumi ratusan tahun yang akan datang, yang merupakan kelanjutan kehidupan manusia pada masa kini. Perubahan yang terjadi pada manusia masa lalu mengikuti deret tambah, sedangkan perubahan kehidupan manusia pada masa yang akan datang mengikuti deret ukur.

Menurut saya evolusi manusia atau kehidupan 100 tahun yang akan datang sangatlah jauh berbeda dengan kehidupan pada saat ini, dapat dipastikan bahwa teknologi-teknologi pada 100 tahun yang akan datang akan sangat jauh lebih canggih dari sekarang. Namun dapat kita bayangkan manusia di saat itu akan menjadi manusia yang malas untuk menggunakan fisiknya dan tentunya juga pada kehidupan 100 tahun yang akan datang manusia akan sulit menemukan sumber daya alam dan kekayaan alam di bumi. Contohnya saja teknologi yang ada pada saat ini yaitu mobil dan motor, telah nyata kita lihat dengan adanya mobil dan motor pada saat ini manusia sangat malas untuk beraktivitas dengan bersepeda atau berjalan kaki, manusia ingin sesuatu yang instan, instannya itu tentunya bila kita pikirkan sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Sehingga tidak dapat kita pungkiri banyaknya jumlah kendaraan bermotor atau mobil yang ada membuat kelangkaan pada sumber daya bahan bakar minyak, dapat kita temui antrian panjang pada SPBU, ini mebuktikan bahwa sudah mulai langkanya sumber daya alam yang ada di muka bumi, dan seperti kita ketahui polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dapat menipiskan lapisan atmosfer yang tentunya berbahaya bagi kehidupan di bumi.

Mungkin pada kehidupan 100 tahun yang akan datang akan adanya teknologi robot yang dapat melayani selurunya kebutuhan aktivitas manusia, tapi apakah dipikirkan sebelumnya dengan teknologi seperti ini mungkin manusia dikehidupan 100 tahun yang akan datang ini akan menjadi malas menggunakan akal pikiran dan malas menggunakan fisiknya karena segala sesuatu telah diperoleh dengan sangat instan, ini akan mengakibatkan manusia menjadi malas berpikir bagaimana caranya lagi menemukan teknologi-teknologi baru yang lebih maju atau mungkin nanti kehidupan 100 tahun yang akan datang kehiupan manusia dikuasai oleh robot dikarenakan manusia telah malas mencari teknologi baru dan telah ketergantungan terhadap kemampuan kerja. Robot akan persis menyerupai manusia, mungkin yang membedakan hanya pada organ dalam dan dari segi sebuah “perasaan”

Pakaian manusia juga mungkin lebih protektif contohnya anti radiasi atau jika oksigen sudah sangat terbatas maka diperlukan pakaian layaknya astronot untuk hidup di bumi ini. Selain itu, menurut saya bumi 100 juta tahun mendatang sudah tidak lagi memerlukan daratan, manusia sudah berevolusi seperti seekor burung yang mencari daratan ketika dia istirahat. Banyak ditemukan bahan-bahan pengganti tanah yang bebas dari gravitasi sehingga ada pulau yang mengapung di langit.

Teknologi sains dan inovasi ditahun 3.000 sangat canggih jikalau dibandingkan dengan keadaan pada hari ini. Sains dan teknologi akan meningkat lebih maju pada tahun-tahun akan datang.

Ditahun 3.000 terdapat beberapa jenis manusia. Pertama, manusia bionik yang mempunyai bagian anggota badannya diganti dengan bagian robot. Kedua, manusia yang mempunyai anggota badannya dari pada gantian klon. Ketiga, manusia klon. Keempat, manusia yang dipertingkatkan keupayaannya dari pada manipulasi gen DNA. Kelima, robot yang menyerupai manusia dan keenam, manusia biasa atau pun manusia yang tidak mempunyai apa-apa kelainan pada tubuh badannya. Walaupun terdapat perbezaan pada bentuk tubuh manusia tahun 3.000, tetapi manusia tetap manusia tidak ada kelainan species manusia akan wujud pada tahun itu.

Wassalamu’alaikum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar